Biografi Uki Peterpan (Uki Noah)

Uki terlahir di Bandung dalam lingkupan keluarga yang terpelajar. Nama Uki sendiri berasal dari nama panggilan yang sudah biasa diucapkan oleh kakaknya. Ayahnya yang bernama Hikmat Iskandar merupakan seorang peneliti dan memiliki keahlian dalam infrastruktur transportasi. Ia juga berperingkat sebagai dosen tamu di salah satu Institut Teknologi Bandung. Gelar Master of Science yang diraih ayah Uki di negara Inggris, sementara untuk gelar Doktor diraih beliau di Australia. Ketika mau mengambil gelar Doktor di Australia saat inilah ia memboyong Uki dan kedua kakaknya tersebut ke Australia pada tahun 1989. Setelah 4 tahun lamanya di Australia, keluarga Uki pun akhirnya kembali ke tanah air dan Uki pun langsung melanjutkan sekolah dasar di Bandung.

uki1

Ayah Uki merupakan seorang pekerja yang sangat keras dengan latar belakang keluarganya yang kurang mampu dan telah menjadi piatu sejak masih SMP. Ayah Uki masuk Institut Teknologi Bandung hanya dengan beasiswa dan sampai harus berjualan rokok hanya untuk membiayai kuliahnya di ITB. Beasiswalah yang menjadi sahabat bagi ayah Uki karena ia meraih S2 dan S3 pun hanya dengan beasiswa di capainya. Prinsip untuk mengenai pentingnya pendidikan dan membuat ayahnya mengarahkan Uki agar melanjutkan pendidikan di Fakultas Teknik Sipil supaya selaras dengan latar belakang pendidikan ayahnya sendiri. Hal tersebut dikarenakan kedua kakaknya tidak ada yang bisa melanjutkan di bidang eksakta.

uki

Tanpa ia sadari bahwa dari kedua orangtuanya dalam diri Uki mengalirlah darah seni yang kuat. Dorongan terhadap bermusik sudah mulai terasa dalam diri Uki sejak masih SMP, Uki pun mempelajari cara bermain gitar secara otodidak. Pada waktu ulang tahun Uki yang ke – 15, Uki telah menerima sebuah gitar sebagai hadiah ulang tahunnya. Ayahnyalah yang telah mengenalkan Uki kepada akor-akor dasar bermain gitar. Untuk akor-akor gitar yang lebih variatif Uki mempelajari dari tempatnya biasa nongkrong serta juga dari lagu dan aliran musik yang sedang berkembang pada saat itu. Pengetahuan untuk mendalam tentang gitar kemudian didapat Uki dari lingkungan pergaulan, lagu-lagu yang terpopuler dan aliran musik yang sedang berkembang saat itu. Pertemanannya pun dengan Ariel, juga sangat banyak memberikan kontribusi bagi perkembangan Uki dalam dunia bermusik. Jalan yang telah ditempuh Uki dalam bermusik lumayan cepat. Uki boleh saja dibilang mengorbankan pendidikannya hanya untuk dapat terus maju dengan bakatnya dalam bidang bermusik. Ketika ia duduk di bangku SMA, Uki juga sempat tinggal kelas karena keasyikan nge-band. Uki juga tidak meneruskan kuliahnya di Fakultas Teknik Sipil karena ia lebih memilih untuk berkarier dalam bidang musik. Hal ini sempat membuatnya tidak mendapatkan restu dari kedua orangtua karena mengenai jalan hidup yang dipilihnya ini.

Loading Facebook Comments ...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *