Biografi Lengkap Dan Perjalanan Hidup Enda Ungu

Gitaris dari band ungu ini mempunyai nama lengkap Franco Medjaya Kusuma yang terlahir di Kudus pada 4 Maret 1978 dan telah menempuh pendidikan di fakultas hukum Universitas Sam Ratulangi. Enda akhirnya menikah dengan perempuan yang bernama Eka Nilestari pada 17 Desember 2005 dan keduanya dikaruniai oleh seorang anak perempuan yang memiliki nama Azara Leona Lucida yang lahir pada 16 Agustus 2006.

Enda2

Dari sejak duduk di bangku SD, Enda sudah pernah menunjukkan bakatnya dibidang musik bahkan Enda kecil ini berani membentuk sebuah band saat dia masih duduk di bangku Junior di Manado, meski ia belajar musik secara otodidak dan telah membawakan lagu ciptaan mereka sendiri. Pada tahun 1998, Enda bertemu dengan Sigit Purnomo Syamsudin Said (Pasha) setelah ia ngamen dari sebuah bus di Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta Selatan. Pada saat itulah, ayah dari 3 anak ini bercerita kalau ia mau mengikuti sebuah audisi menjadi vokalis di sebuah band yang bernama Ungu yang pada saat itu bermarkas di Jalan Minangkabau, Jakarta Selatan.

enda1

Hasil dari audisi tersebut akhirnya Pasha diterima sebagai vokalis di band Ungu yang mempunyai judul Album Maha Besar ini, sedangkan Enda sendiri di tawari hanya menjadi kru saja. Tanpa berpikir panjang Enda langsung bersedia meski honornya pada saat itu hanya Rp 13 ribu untuk satu kali manggung. Itu pun kalau mereka mendapat bayaran manggung sebesar Rp 150 ribu. Kalau Rp 50 ribu, Enda tidak akan menerima uang sepeserpun. Tapi itulah yang sering terjadi dan Enda hanya dapat makan. Padahal Endalah satu-satunya kru yang melayani penuh keperluan dari lima personel band Ungu tersebut. Pengalaman Enda menjadi kru band Ungu ini malah membuat Enda semakin mahir menggunakan banyak alat musik, yang terutama adalah gitar. Biasanya, Enda berlatih dengan memetik gitar dari malam sampai pagi hari dan berawal dari sinilah karirnya telah dimulai.

enda4

Pada kisaran tahun 2001, Enda mulailah ikut bergabung dengan Ungu sebagai gitaris setelah Ekky sang gitaris sebelumnya keluar dari grup. Enda telah membuktikan bahwa ia adalah orang yang tepat untuk mengisi pada posisi itu. Dalam masa perjalanan karirnya, Enda juga pernah menderita kecanduan narkoba dan sampai akhirnya bertemulah dengan Makki dan Pasha yang kemudian membuatnya dan menasehatinya agar menjauh dari obat-obatan terlarang tersebut. Enda pun punya andil yang besar dengan kebanyakan dari karya lagu Band Ungu. Gitaris dan juga pencipta lagi ini akhirnya mampu membawa group band Ungu ini sebagai band papan atas Indonesia. Tapi, Enda menampik kalau hanya dirinyalah yang berjasa pada saat itu. Menurutnya, Ungu merupakan satu kesatuan yatu kesuksesan kami merupakan berada dalam tim yang sangat solid dan saling mendukung satu sama lainnya. Skill pada urutan berikutnya sehebat-hebat Enda menulis lagu tidak akan bagus tanpa dinyanyikan oleh sang vokalis Pasha.

Loading Facebook Comments ...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *