Biografi Lengkap Ariel Peterpan (Ariel Noah)

Vokalis band Peterpan yang dulu sangat terkenal dan merubah nama bandnya sekarang menjadi nama memiliki nama asli adalah Nazril Irham atau biasa di panggil dengan panggilan Ariel yang terlahir di Pangkalan Brandan, Langkat, Sumatera Utara pada 16 September 1981. Dia merupakan seorang penyanyi asal Indonesia vokalis dari grup musik yang sangat terkenal yaitu Peterpan yang kemudian berganti nama dengan menjadi NOAH. Ariel merupakan anak yang bungsu dari 3 bersaudara di suku Melayu. Ariel adalah vokalis dari kelompok musik populer Peterpan. Ariel juga telah tercatat sebagai mahasiswa yang berkejuruan Arsitektur Universitas Parahyangan di Bandung. Ayah Ariel sendiri adalah seorang pegawai lapangan di salah satu perusahaan minyak Pertamina. Sementara itu sang ibu adalah ibu rumah tangga biasa saja. Karena sang ayah berprofesi sebagai pegawai lapangan, ayahnya bekerja di lokasi yang berpindah-pindah.

aril3

Aril bersama keluarganya bertempat tinggal di Pangkalan Brandan dalam beberapa bulan, Ariel kecil dan keluarganya tersebut harus pindah ke Kota Langsa di Aceh. Di Kota Langsalah Ariel kecil mulai menuntut ilmu mulai dari di Taman Kanak-Kanak (TK), tepatnya di TK Bungong Seulanga. Di tempat ini Ariel dan keluarga tinggal di sebuah perumahan BTN Asamera Kota Langsa. Setelah mereka tinggal di Kota Langsa selama kurang lebih 7 tahun, Ariel sekeluarga pun pindah ke Bandung. Sejak masih kecil Ariel sudah memperlihatkan bakat besarnya di bidang seni, tapi bukan di bidang dalam berenyanyi melainkan bakat seni yang ditampilkan oleh Ariel justru di bidang menggambar. Dia juga sempat menjuarai beberapa perlombaan menggambar di kota Bandung. Gara-gara hobi menggambarnya saja, Ariel pun sempat bercita-cita akan menjadi arsitek. Tetapi, di tengah perjalanan hidupnya, Aril menemukan satu hobi baru yang kini diminatinya, yaitu bermain musik. Dari sinilah Ariel kemudian memulai kariernya dalam bidang musik.

aril2

Pada masa Ariel bersekolah di SMP Negeri 14 Bandung kebiasaan Ariel hanya bernyanyi di Warung Bu Susi dekat sekolahnya juga, ternyata ia membawa perubahan dalam karier bermusiknya. Sejak kelas I SMP, Ariel sudah intens membentuk sebuah grup musik. Grup band pertama yang dibentuknya bernama Peppermint hanya sebentar saja nasibnya hanya bertahan tujuh bulan saja. Kemudian Aril membuat grup band lagi yang bernama Sliver, lalu kemudian nama bandnya Cholesterol bersama dengan Uki, Qibil dan Erick, dan sempat berganti nama dengan Topi pada tahun 1997 juga bersama Uki, Afrian, Abel, Ari dan Andika. Lagi-lagi semuanya kembali bubar di tengah-tengah jalan. Tapi grup musik yang ia sebut terakhir tadi lumayan berjasa untuk kariernya. Pada 1 September tahun 2000, Beberapa orang yang telah tergabung di Topi termasuk juga Ariel membuat kesepakatan akan membentuk grup band baru yang bernama Peterpan dengan formasi barunya yaitu Ariel, Uki, Lukman, Reza, Andika dan juga Indra teman dekatnya Andika.

aril1

Bersama band Peterpan, Ariel sangat berusaha menembus kafe-kafe top yang ada di kota Bandung. Penampilan Peterpansaat  di kafe Sapu Lidi yang atraktif mampu membuat vokal Ariel yang berkarakter diam-diam menarik minat Noey eks yaitu basis Java Jive yang belakangan itu jadi produser untuk memasukkan lagu-lagu mereka dalam album kompilasi dalam Kisah 2002 Malam. Lagu Mimpi Yang Sempurna telah termuat di dalam album kompilasi tersebut langsung sukses jadi modal band Peterpan untuk menembus industri rekaman musik Indonesia. Pada tahun 2003, Peterpan mampu merilis album dengan nama Taman Langit. Album ini ternyata langsung meledak di industri musik Indonesia. Sangat diakui karena salah satu faktor yang mendukung larisnya album tersebut adalah vokal Ariel dan juga kemampuannya mengolah lirik.

Loading Facebook Comments ...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *